Loading...

Selasa, 08 Oktober 2013

PELATIHAN TIK

Assalaamualaikum Warahmatullaahi wa barakaatuh

Alhamdulillah, Hari ini Selasa, 08 Oktober 2013 saya telah menjalankan tugas yang telah diamanatkan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti pelatihan TIK di SMP 1 Praya Kota, Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat dengan Tema " MEMANFAATKAN SARANA INTERNET SEBAGAI SARANA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN IPTEK SISWA INDONESIA "...( hehehehe...kurang lebih seperti itu dah inti dari pelatihannya )...Lumayan capek juga sih, tapi alhamdulillah banyak ilmu yang saya dapatkan. Narasumbernya langsung dari Pustekkom Kemdikbud Bapak Purwanto dan Bapak Hidayat Muhtar namanya. Beliau memaparkan banyak hal mengenai keperihatinan beliau terhadap moral anak bangsa saat ini, khususnya para pelajar Indonesia. Tidak jarang beliau menemukan pelajar-pelajar Indonesia menghabiskan waktunya di depan Laptop hanya untuk Facebook, Tweeter, Chatting, Skype, dan Browsing konten-konten yang bersifat negatif. Padahal kalau kita mau menjadikan media internet sebagai wahana pembelajaran kita, maka tidak menutup kemungkinan generasi anak bangsa ini bisa melahirkan habibi-habibi kecil atau ilmuan-ilmuan handal dimasa yang akan datang.

Tekhnologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang saat ini tidak hanya bisa kita jadikan sebagai sarana hiburan atau komunikasi semata. tetapi seorang pelajar atau anak kecil sekalipun searching di google atau yahoo dengan memasukkan pertanyaan apapun. Maka seketika itupun akan langsung dijawab dengan jawaban yang beragam jenisnya. Untuk itulah Pusat Tekhnologi dan Komunikasi Kemendikbud membuat Situs Rumah Belajar http://belajar.kemdiknas.go.id  dirancang menjadi rumah belajarnya para insan pendidikan, baik guru maupun peserta didik. 

Di portal Rumah Belajar ini terdapat bermacam konten antara lain RPP, Materi, Bahan pembelajaran interaktif, Modul, Forum guru, Forum Siswa, Bank soal dan lain lain. Konten tersebut dikelompokkan per jenjang pendidikan yaitu SD/MI. SMP/MTs, SMA/MA, dan Perguruan Tinggi. Di Rumah Belajar juga terdapat fasilitas live streaming TV Edukasi dan Radio Suara Edukasi.
Menurut kepala Pustekkom Kemdikbud Ari Santosa sekarang ini Pustekkom sedang menyiapkan standarisasi kompetensi teknologi infomasi dan komunikasi TIK untuk guru, dimana ini mencakup pelatihan TIK bagi guru dan pengembangan konten portal Rumah Belajar. Kalau rencana itu benar-benar berjalan maka diharapkan Rumah Belajar akan lebih kaya konten. Kedepan guru diharapkan mengirimkan materi-materinya untuk memperkaya konten Rumah Belajar ini.
Saat ini Rumah Belajar memang masih sedikit kontennya, meskipun menunya cukup lengkap tapi isinya belum banyak dan jarang diupdate. Semoga rencana Pustekkom Kemdikbud dapat segera terealisir sehingga Rumah Belajar dapat makin bermanfaat baik bagi siswa maupun guru dan para pembelajar pada umumnya. 
Namun walaupun begitu, saya hanya ingin berpesan,,,,,Fasilitas pembelajaran yang serba mudah dan instan lewat Media Maya ( Internet ) janganlah menjadikan kita manja sebagai seorang pendidik. Karena tanpa kontrol yang baik terhadap putra-putri kita atau aanak didik kita didalam menggunakan media internet sebagai media belajar mereka, maka bisa jadi mereka membuka situs-situs yang negatif didalamnya.
Para pendidik yang kreatif, Mari kita sama-sama berkreasi untuk kemajuan dunia pendidikan kita. Semua Situs mengenai RUMAH BELAJAR bisa Bapak Ibu buka di Tab website ini. Screen Shotnya seperti di bawah ini.....................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your visiting in My Blog

Batman Begins - Diagonal Resize 2