TIPS MENGAJAR BAHASA INGGRIS DI SD SUPAYA
MENYENANGKAN
Mengajar Bahasa Inggris di SD bisa dikatakan mudah
juga bisa dikatakan susah juga. Kenapa bisa demikian? Kebanyakan guru yang
mengampu Bahasa Inggris di SD mengajar dengan cara konvensional. Guru
menerangkan, siswa mendengarkan dan memperhatikan. Guru menulis muridpun
menyalin di buku. Apa model mengajar seperti ini akan tetap dipertahankan
tanpa adanya revolusi, inovasi dan kreatifitas guru? Sebagai seorang guru kita
harus dapat menyampaikan materi dengan cara atau metode yang dikemas sedimikian
rupa sehingga materi bisa tersampaikan kepada anak didik dengan cara yang
menyenangkan dan dapat diterima anak dengan baik. Kita sama-sama menyampaikan
materi akan tetapi metode yang kita gunakan berbeda maka berbeda pula
reaksi/respons dan output yang dihasilkan. Guru yang lebih kreatif dan inovatif
akan selalu berada di depan dan selalu memberi semangat kepada anak didiknya
untuk maju.
Supaya kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di
kelas menyenangkan dan tidak monoton maka yang pertama seorang guru pengampu
Bahasa Inggris harus selalu ceria dan antusias. Kenapa saya katakan demikian?
Jawabannya adalah karena antusiasme seseorang itu akan menular kepada orang
lain di dekatnya. Jika kita semangat, antusias, ceria dan tersenyum kepada
murid kita maka murid kita juga kan membalas dengan antusias juga. Lain halnya
jika kita baru masuk ruang kelas saja sudah merasa malas dan mrengut, ini akan
mempengaruhi anak juga. Makanya seorang guru Bahasa Inggris SD harus selalu
antusias dan semangat dalam mengajar.
Yang kedua, Biasakan selalu menggunakan
ungkapan atau ekspresi atau kalimat perintah dalam Bahasa Inggris. Ketika kita
terbiasa menggunakan kalimat sederhana berupa command atau perintah kepada anak
didik kita maka itu berarti pula kita mengajarkan anak untuk membiasakan diri
mendengar dan mengucapkan kalimat Bahasa Inggris sederhana. Suatu pengulangan,
pembiasaan atau scaffolding talk atau juga dinamakan language accompanying
action atau Bahasa sebagai penyerta tindakan akan memberikan keterampilan anak
di dalam mendengarkan dan mengucapkan serta melakukan action sesuai dengan
perintah yang di ucapkan oleh guru. Ini berarti Bahasa tidak hanya sebagai
teori semata, Bahasa tidak berorientasi pada grammar saja akan tetapi
justru suatu Bahasa yang paling penting adalah aplikasinya di dalam kehidupan
sehari hari. Selain itu dengan menggunakan ungkapan/kalimat Bahasa Inggris
menjadi hal menarik dan tantangan bagi siswa kita.
Yang ketiga, Mengajar Bahasa Inggris dapat
dilakukan dengan media lagu dan permainan (Songs and games). Atau juga
fungsinya sebagai pelengkap atau juga sebagai sarana membangun semangat siswa
kembali dalam belajar. Seorang guru Bahasa Inggris SD itu dituntut untuk dapat
menyanyikan lagu anak-anak dalam Bahasa Inggris. Tidak ada kata malu dan tidak
bisa. Semua dapat dipelajari. Selain lagu juga ada games atau permainan yang
dapat digunakan di dalam pengajaran Bahasa Inggris. Lagu anak dalam Bahasa
Inggris dapat melatih anak mendengarkan dan menyanyikan atau melafalkannya
dengan benar. Sebaiknya lagu dinyanyikan sesuai dengan tema materi yang sedang
dipelajari. Contohnya jika materi yang sedang dipelajari adalah tentang Number,
maka guru dapat memberikan lagu yang isisnya tentang Number. Tidak kalah
menarik dan pentingnya yaitu permainan, dengan permainan atau games anak
menjadi terhibur, sambil bermain anak belajar. Karena memang dunia anak SD
adalah dunia bermain. Contoh permainan atau games yang dapat di mainkan adalah
spider web, cards, guessing, kompetisi lomba dan sebagainya. Sambil anak
bermain games dapat disisipi pertanyaan-pertanyaan dalam Bahasa Inggris. di
dalam suasana bermain anak semakin tertantang di dalam mengaplikasikan Bahasa
Inggris, sehingga secara tidak langsung anak belajar Bahasa dengan cara yang
tidak membosankan. Jika guru kurang memiliki perbendaharaan atau bank lagu dan
permainan, jangan patah semangat dulu karena dengan adanya kemajuan teknologi
Informasi, kita bisa memanfaatkan media internet. Di internet tersebar berbagai
lagu dan permainan yang dapat dipakai.
Yang keempat adalah, Bahwa kegiatan belajar
mengajar Bahasa Inggris tidak hanya terpaku di dalam kelas saja. Seorang guru
yang kreatif dan inovatif, maka di saat-saat tertentu guru dapat mengajar dan
mengajak anak keluar. guru bisa ke lapangan , ke halaman sekolah atau di
perkebunan, atau di lingkungan sekitar sekolah, dan lain sebagainya. Biasanya
materi atau tema yang dipelajari bersangkutan. Misalkan materinya adalah
tentang tanaman, bunga dan tumbuhan, maka akan sangat membantu jika guru dapat
mengajak anak secara langsung melihat objek yang dipelajari di luar kelas.
Dengan cara ini anak merasa senang dan tidak bosan atau monoton, karena
pembelajaran di lakukan di luar kelas. Jika anak sudah merasa senang maka
materi akan mudah diterima oleh anak.
Yang kelima, manfaatkan media elektronik dan gambar
yang tersedia. Yang dimaksud dengan media elektronik di sini adalah seorang
guru dapat memanfaatkan komputer, radio, tape, vcd player, handphone gambar dan
sebagainya untuk mendukung kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Biasanya
anak akan cepat menerima pelajaran dengan bantuan media elektronik, karena
disitu anak bisa mendengarkan dan melihat secara audio visual. Selain itu dapat
menghindari kejenuhan dan kebosanan.
Demikian sedikit tips yang bisa saya share kepada
teman-teman, semoga bermanfaat. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thank you for your visiting in My Blog